Rabu, 17 September 2014

Tips dan Trik selama PATI

Assalamu'alaykum,.
Pertama kali saya menjadi maba di salah satu universitas ternama di Indonesia bahkan yang merambah ke dunia Internasional yaitu UMM, sudah tau ya UMM apa,.Universitas Muhammadiyah Malang,(bisa di lihat di postingan saya sebelumnya ya tentang UMM)
Nah, uniknya maba disini ada syarat untuk ikut PATI yaitu Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi, disini banyak ilmu yang saya dapatkan,.saya semakin tau cara menjadi blogger yang handal, terus cara searching yang benar sepeti menggunakan penelusuran lanjutan, lalu dapat info tentang google drive dan masih banyak lagi,.contonya aja ya tips dan trik yang saya dapat di PATI 2014 berikut ini :

1. Penelusuran lanjutan
Penelusuran lanjutan adalah fasilitas yang disediakan oleh google untuk mencari file yang pembaca inginkan dengan lebih spesifik lagi.

 gambar 1 : Google penelusuran lanjutan

Dalam penelusuran lanjutan terdapat bahanyak fitur yang berguna untuk mencari file dengan lebih detail lagi termasuk ke tipe filenya. Namun, jarang diantara kita memanfaatkan fiture pelusuran lanjutan yang ada pada google. padahal fiture ini berguna bagi pencari untuk mencari beberapa tipe file yang pembaca inginkan dari mulai file PDF hingga ke SWF (animasi).

Cara menggunakannya?
cara menggunakannya cukup mudah. pembaca tinggal menggunakan google seperti biasanya dengan masuk ke alamat google dan mengetikkan kata kuncinya. Setelah tampil silahkan pembaca roll halaman hasil pencariannya hingga ke bawah.
saya contohkan : encari .pdf tentang tutorial menggunakan winrar.
Hemmm... pencarian biasa ternyata belum menemukan file pdf yahh???
okk... sekarang saatnya menggunakan penelusuran lanjutan (dalam google bahasa Indonesia)
langkah awal adalah menggulung halaman pencarian awal hingga ke bawah dan memilih menu penelusuran lanjutan (menu paling kiri)

gambar 2 : menu penelusuran lanjutan di halaman terbawah
setelah itu cari menu jenis file. jenis file yang saya pilih adalah pdf. (hanya contoh)
(Pembaca juga bisa memilih jenis file lain. sesuai yang pembaca inginkan.)

gambar 3 : contoh mencari file .pdf
setelah masuk kedalam menu penelusuran lanjutan silahkan rubah jenis file yang anda kehendaki.
lalu klik pada tombol Penelusuran Lanjutan
Hasilnya??
saya menemukan bermacam2 file pdf pada halaman hasil pencarian google
 
 
gambar 4 : hasil penelusuran lanjutan

Mau cepatnya??
Ketika pembaca ingin mencari tipe file tertentu pada google pembaca dapat menambahkan tulisan pada kotak pencarian berupa "filetype:xxx" (tanpa tanda kutup, xxx menyebutkan extensi file yang saudara inginkan"

gambar 5 : contoh menggunakan cara cepat
 

  2.Google Drive

Kalian bisa gunakan google drive ini seperti fd, yap untuk menyimpan file secara online, eitss..bukan cuma itu ada banyak fitur disini seperti program-program pengolah yang ada di microsoft office,.Jika ingin aplikasi ini, terlebih dahulu kalian harus mempunyai akun gmail,.selamat mencoba
Sekian postingan ini, semoga bermanfaat buat kalian semua,.tak lupa terimakasi UMM, yang memberikan kesempatan saya di PATI 2014, beserta staf PATI yang handal-handal,.we love UMM
 
nb : penelusuran lanjutan saya dapatkan di 
sumber : http://portal.paseban.com/article/128832/cara-menggunakan-google-drive

 
 

0 komentar:

Posting Komentar