Selasa, 16 September 2014

Kota Balikpapan

 Balikpapan....???

Apa yang anda bayangkan setelah mendengarkan nama kota ku ini??,.bingung ya!!! kenapa namanya Balikpapan,.hehehe...postingan kali ini akan saya jelaskan sedikit tentang kota kelahiran ku ini, ok sebelum membahas asal muasal nama kota ku, makanan khas, sampai budayanya marilah sejenak tau kota ku ini secara garis besar.

Yap, Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur yang mana gerbangnya Kal-Tim, kenapa begitu?, ya, karna kalo kita mau ke Samarinda nih, atau ke kota-kota Kal-Tim lainnya kita biasanya melewati Balikpapan terlebih dahulu. karena bandara Internasionalnya ada di Balikpapan yang mana salah satu bandara terbesar di Indonesia selain itu pusat peklayaran juga ada di Balikpapan, pelabuhan Semayang. Bisa sih langsung ke kota Kal-Tim lainnya tanpa harus lewat Balikpapan, tapi biasanya jarang banget pesawat yang langsung atau biasanya pesawat-pesawat kecil lainnya. Jika kita mau ke ibukota Samarinda biasanya menempuh waktu sekitar 2 jam-an dari Balikpapan. Alhamdulillah sekarang Balikpapan ini lagi berkembang-berkembangnya tercatat banyaknya mal, plaza, dan department store apalagi bioskopnya sudah ada 3 serta berbagai hotel maupun apartment. Selain itu, di bidang pendidikan juga sangat berkembang, biaya sekolah gratis, dan kesejahteraan masyarakatnya juga semakin meningkat.InsyaAllah,.

                                  


Bandara Internasional Balikpapan


Suasana Balikpapan saat malam


Asal Muasal Nama

Terdapat beberapa versi, namun karena keterbatasan waktu saya hanya memeberikan versi pertama saja, jika anda penasaran bisa di buka di link ini  tegarekakurniawan24.blogspot.com/2013/01/sejarah-singkat-kota-balikpapan_19.html

1.        Versi Pertama ( Sumber : Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 )
     Menurut legenda asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan)dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama "Jenebora". Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai "Baliklah - papan itu"atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).


Makanan Khas

Selama kaki saya berpijak di kota kelahiran saya ini, rasanya tidak ada makanan khas banget dari Balikpapan, karena Balikpapan itu heterogen berbagai macam suku disana ada Dayak,Jawa, Bugis, Buton, Banjar, Batak, Manado dan berbagai suku yang tak sempat saya menyebutkannya disini.maaaafff,.tapi setau saya bisa jadi makanan khasnya amplang, soalnya itu khas banget sebagai oleh-oleh kalo lagi keluar kota.

Selain itu ada abon kepiting dan juga mantau yang menjadi khas Balikpapan.

Budaya Balikpapan

Seperti yang saya bilang tadi Balikpapan itu heterogen seperti ini datanya dari om wiki, wikipedia maksudnya
  1. Suku Paser 8,77%
  2. Suku Kutai 10,43%
  3. Suku Banjar 12,19%
  4. Suku Bugis 14,44%
  5. Suku Jawa 29,76%
  6. Suku Minahasa 6,81%
  7. Suku Batak 3,21%
  8. Suku Gayo 1,08%
  9. Etnis China 16,76%
  10. Suku Gorontalo 0,06%
Tetapi umumnya bahasa yang digunakan pada keseharian warga Balikpapan adalah Bahasa Indonesia dengan logat umum.
Tetapi ada ciri khusus warga Balikpapan dalam pengucapan, seperti : kah, lah.
Seperti :
  1. “Jadi berangkat kah?”,
  2. “Kamu sudah kerja kah?”
Sedangkan penggunaan akhiran ‘lah’ biasanya banyak digunakan orang keturunan Banjar/Kalsel.
Dan kalo ke pusat-pusat oleh-oleh biasanya banyak sekali kerajinan tangan khas Kalimantan serta motif-motif dayak seperti ini nih 




 Oke, sepertinya sekian info-info tentang Balikpapan nya nih, maaf banget apabila ada salah kata maupun info, mohon kritik dan sarannya ya, hubungi nomor di bawah ini eh maksudnya bisa di comment aja,.hehehe....gimana anda masih penasaran tentang Balikpapan, kalo masih bisa langsung aja list kota Balikpapan sebagai tempat tujuan anda liburan ataupun berkunjung,.hehehe promosi,.oh ya tak lupa saya ucapkan berbagai sumber yang mendukung postingan saya ini seperti :

id.wikipedia.org/
http://tjoayuliyanti.wordpress.com/budaya-kota-balikpapan/
http://kotabalikpapan.wordpress.com/kebudayaan/

nb: ini tulisan asli ,TAPI sebagian datanya dari seumber-sumber tersebut jadi maaf jika bahasanya berantakan




0 komentar:

Posting Komentar